Rabu, 17 April 2013

3.   Agama Kristen
A.  Agama Kristen di Indonesia
Sejak VOC di bubarkan 31 desember 1799, organisasi zending belanda mengirim para pendeta ke daerah minahasa untuk menyebarkan agama Kristen Protestan. Namun sejak pertengahan abad ke-19, penyebaran agama Kristen Protestan dilakukan di daerah jawa, Irian, Halmahera,Buru, Poso, Batak Karo, dan Sulawesi utara. Pendeta agama Kristen Protestan yang terkenal pada saat itu yang bernama Baron Van Hoevel.
Zending adalah suatu organisasi untuk menyebarkan agama Kristen Protestan. Negara yang beragama Protestan adalah Belanda dan Jerman.  Negara tesebut memiliki organisasi zending dengan tugas menyebarkan agama Protestan keseluruh dunia. Begitupula bangsa Belanda yang ada di Indonesia, juga mempunyai tugas menyebarkan agama di Indonesia. Sejak VOC
9
menanamkan kekuasaan di Ambon, para Pendeta belanda mulai secara teratur mengkristenkan penduduk di daerah Sangir-Talaud, Ambon dan sekitarnya.
B.  Sejarah Penyebaran agama Kristen Di Indonesia
Kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia dengan semboyan 3G( Gospel, Goid, dan Glory). Kedatangan mereka tidak dapat di pisahkan dari segala kegiatan bangsa Portugis di Indonesia karena selain mencari kekayaan dank e jayaan negerinya, bangsa Portugis juga berusaha menyebarkan agama yang di anutnya,  yaitu agama Kristen. Bahkan penyebaran agama oleh bangsa Eropa di Indonesia juga mendapatkan tugas suci bangsa Eropa yang berkuasa di Indonesia, terutama yang di lakukan oleh bangsa Portugis dan bangsa Belanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar