Rabu, 17 April 2013

2.       Agama Khatolik
            a)  Misi  Portugis Penyebar Agama Khatolik
Misi adalah suatu organisasi yang bertugas untuk menyebarkan agama Khatolik. Misi berpusat di Vatikan, Roma. Negara-negara yang menganut agama Khatoliuk, misalnya: Italia, Portugis dan Spanyol. Negara-negara itu mendapat tugas dari Paus untuk menyebarkan agamanya keseluruh penjuru dunia.
Khatolik merupakan agama yang didirikan oleh Yesus Kristus yang kurang lebih 2.000 tahun lalu dan memiliki kitab suci yang di sebut dengan Injil. Agama ini juga memiliki tempat beribadatan yang di sebut dengan Gereja. Hari besar keagamaan: Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Isa Almasih, dan Pantekosta.
            b)  Sejarah Perkembangan Khatolik

sejak Malaka jatuh ketangan bangsa Portugis tahun 1511, aktifitas perdagangan rempah-rempah di Selat malaka di kuasai sepenuhnya oleh bangsa Portugis. Selanjutnya bangsa Portugis meneruskan penjajahannya ke Maluku (1512), yang merupakan daerah kaya akan sumber rempah-rempah. Pada tahun 1522 bangsa Portugis mulai menetap di Ambon. Kegiatan mereka berdagang  dan berusaha untuk mendapatkan rempah-rempah dalam jumlah yang besar. Para Misionaris yang mengikuti perdagangan bangsa Portugis dapat dengan leluasa mendekati rakyat dan mengajarkan agama yang di anutnya. Para Misionaris bangsa Portugis, tidak hanya menyebarkan agama di Maluku, mereka juga menyebarkan di daerah lain di Indonesia, seperti: Manado, Sangihe, Talaud, Minahasa, Flores, Timor, seperti pulau jawa(Muntilan, Malang, dan Jakarta).
Seorang Misionaris yang berjasa besar dalam penyebaran agama Khatolik di Asia, termasuk di Maluku,bernama Fransiscus Xaverius. Ia tidak hanya menyebarkan agama Khatolik saja, melainkan juga memajukan Kesehata Rakyat dan Pendidikan sehingga agama Khatolik dapat diterima oleh masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar