Rabu, 17 April 2013

4.      Agama Hindu
1. Pengertian
Agama Hindu merupakan Sinkretisme ( percampuran) antara kepercayaan bangsa Asia dengan kepercayaan bangsa Draviida. Sifatnya politisme, yaitu percaya kepada banyak Dewa. Tiap-tiap dewa merupakan lambing kekuatan alam, sehingga perlu di puji dan di hormati. Beberapa dewa yang terkeenal diantaranya:
                        Prethiui : Dewa Bumi
                        Vayu      : Dewa Angin
                        Varuna   : Dewa Laut
                        Agni       : Dewa Api
Namun tiga dewa utama yang di puji oleh masyarakat Hindu adalah Dewa Brahma (Dewa Pencipta), Dewa Wisnu(Dewa Pelindung), Dewa Syiwa ( Dewa Pelebur atau Penghancur). Ketiga dewa tersebut di kenal dengan sebutan Trimurti. Kitab sucii agama ini adalah Weda, yang arti pengetahuan yang terdiri atas empat bagian, yaitu: Regweda, Samaweda, Yayurweda, dan Atharwawda.
2. Sejarah Perkembangan Hindu
Agama Hindu mengajarkan bahwa hidup di dunia ini sengsara (Samsara) akibat perbuatan yang kurang baik pada masa sebelumnya (karma). Selanjutnya manusia dilahirkan kembali (Reinkarnasi) dan memperoleh kesempatan untuk memperbaiki diri, sehingga dalam kelahirannya kembali dapat di lahirkan pada kasta yang lebih tinggi. Sebaliknya, apabila ia berbuat jahat maka di lahirkan pada kasta yang lebih rendah atau dilahirkan menjadi binatang.
10
Namun, seseorang yang telah sempurna hidupnya dapat  mencapai Moksha, artinya lepas dari samsara. Mereka yang berhasil mencapai moksha tidak dilahirkan kembali,tetapi tinggal abadi di Nirwana(semacam surga). Ajaran Hindu bersifat pesimis, karena hidup berarti menderita, bukan menikmati isi dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar